Apa itu Building Permits dan Housing Start ?

Sunday, April 30, 2017 | comments

Building permit adalah salah satu indikator fundamental yang angkanya memberikan informasi jumlah building permits atau ijin membangun yang dikeluarkan oleh pemerintah. Selama angkanya positif berarti menunjukkan kondisi negara tersebut dalam kondisi siap membangun dalam beberapa periode kedepan. Karena membangun bukan hanya soal kesiapan dana cash saja, tapi apakah siap sampai bangunan itu selesai.

Kondisi siap, tapi tidak serta merta 100% dananya ada, meski begitu tetap saja berita yang angkanya positif menunjukkan adanya kestabilan  ekonomi. Pada akhirnya akan direspon dengan baik oleh para investor untuk menanam modal melalui sektor pembangunan tadi.

Untuk US sendiri data building permits jarang mendapat respon yang tinggi, karena sektor ini tidak semenarik seperti pada tahun 2008-2009 yang lalu. Pada tahun 2008/2009 US sempat terkena krisis SubPrime Mortgage yang mana data perumahan US sempat menggoncangkan sistem financial dunia. Karena posisi US sebagai negara dengan perusahaan multinasional terbesar didunia, mau tidak mau akan menjadi pusat perhatian para investor di seluruh dunia.

Kolerasi dengan mata uang sendiri saat 2008-2009 masih cukup memberi dampak yang lumayan besar, namun saat ini kurang begitu memberikan efek. Data building permits ini lebih banyak menjadi santapan bagi para trader saham dan investor di bidang kontruksi maupun developer.

Housing Start

Sementara housing start adalah data yang angkanya memberikan informasi dimulainya pembangunan perumahan. Angka positif berarti menunjukkan meningkatnya pembangunan perumahan yang sudah dimulai. Sementara angka negatif menunjukkan tidak ada pembangunan perumahan baru.

Housing start juga memberikan indikasi kondisi ekonomi yang membaik, karena pembangunan rumah berarti kondisi keuangan pemerintah dan masyarakan dalam kondisi siap untuk membangun rumah.

Korelasi ke mata uang, sebelum diprediksikan angka positif atau negatifnya, Anda bisa memprediksi apakah daya beli atau daya membangun perumahan para penduduk sudah siap atau belum, dengan melihat grafik GDP  dan AEI negara terkait. Bila GDP dan AEI nya cenderung naik, berarti tingkat kemakmuran masyarakat juga meningkat, karena GDP dan AEI merupakan grafik mengenai tingkat pendapatan dan earning masyarakat. Apabila selaras dan hasil rilis juga bagus, maka mata uang negara terkait cenderung juga meningkat.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Luke home and design
Copyright © 2017. Portal Belajar Forex - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger